27 April 2011

VB6 MySQL: Error Handling

Jika saat sebuah aplikasi dijalankan terdapat error maka biasanya aplikasi akan langsung tertutup dan tidak dapat diproses lebih lanjut lagi. Kita dapat mengatur apa yang harus dilakukan jika terjadi error pada suatu event dengan menggunakan Error Handing.
Sebagai contoh, kita akan memberikan error handling pada event Form_Load.  Jika terjadi error maka aplikasi akan menampilkan pesan error dan penjelasannya tetapi aplikasi tidak akan tertutup.


Penjelasan code:
On Error GoTo errHandler
Jika terjadi error pergi ke label errHandler
errHandler adalah nama label, kita dapat menggantinya dengan label apapun (misal: BuatError, PenangananError) aturan label sama seperti aturan penulisan variable


Exit Sub

Untuk bagian message box, dapat diisi dengan penjelasan sesuai keinginan. Pada contoh pesan merupakan gabungan dari beberapa string berisi keterangan adapun code berikut:
vbCrLf -> Menggantikan fungsi enter, membuat baris baru
Err.Number ->  Setiap jenis error, ada penomoran. Kita dapat mencatat nomor error dan mengenali penyebab error untuk memberikan pesan yang lebih jelas (dalam bahasa user) untuk user yang menggunakan aplikasi kita.
Err.Description -> Visual Basic juga menyediakan penjelasan untuk error-error tertentu (dalam bahasa inggris). Dan code ini menghasilkan string penjelasan mengenai error tersebut.

Click here if you like this article.


Artikel Sebelumnya:
Artikel Selanjutnya:

1 comments:

prayit said...

assalamu'alaikum....

Ilmunya sangat bermanfaat mbak, terimakasih...