Berkenalan dengan WPF

Apa itu WPF?

Minimal itu pertanyaan pertama yang muncul di kepala saya saat pertama mendengarnya. WPF yang merupakan singkatan dari Windows Presentation Foundation adalah pendekatan terbaru Microsoft terhadap kerangka kerja GUI. WPF ini digunakan bersamaan dengan .NET Framework.

GUI sendiri merupakan singkatan Graphical User Interface yang berarti antarmuka pengguna secara grafis. Dengan kata lain tampilan aplikasi atau web yang langsung digunakan user untuk berinteraksi.

Perbedaan Windows Form (WinForm) dan WPF

Perbedaan utamanya adalah ketika menambahkan control pada winform kita tinggal memilih dan memposisikan pada container nya. Sementara pada WPF kita harus mendefinisikan sendiri dengan XAML.

XAML (eXtensible Application Markup Language) merupakan variasi XML milik Microsoft untuk mendeskripsikan GUI. Kesan pertama saya mengenal WPF adalah "coding windows app rasa HTML". Kenapa? Karena untuk membuat UI dan menambahkan sebuah control kita menggunakan tag dalam kurung sudut seperti HTML.


Di satu sisi WPF terlihat lebih ribet karena harus membuat UI dengan code manual. Tapi di sisi lain kita mendapatkan fleksibilitas untuk memodifikasi control sesuai keperluan.

Untuk lebih jelasnya mari kita lihat kelebihan masing-masing.

Kelebihan Menggunakan WPF:
Teknologi lebih baru dan cocok dengan standar terkini.
Microsoft juga menggunakan WPF untuk banyak aplikasi terbarunya (misalnya: Visual Studio)
Lebih fleksible, dapat melakukan lebih banyak tanpa harus menulis ataupun membeli kontrol baru.
Pengembang kontrol pihak ketiga akan lebih berfokus pada WPF karena merupakan teknologi yang lebih baru.
XAML mempermudah kita dalam membuat dan mengedit GUI, serta memungkinkan pekerjaan untuk dipisah antara desainer (XAML) dan programmer (C#, VB.NET, dll). Istilah sekarang Front-End dan Back-End gitu.
Databinding memungkinkan kita lebih bersih dalam memisahkan antara data dan layout.
Memungkinkan kita membuat UI untuk aplikasi windows maupun aplikasi web. (Silverlight/XBAP)

Kelebihan Menggunakan Windows Form:
Teknologi yang lebih dulu muncul jadi telah banyak dicoba dan teruji.
Sudah terdapat banyak kontrol pihak ketiga baik yang gratis maupun berbayar.
Designer di Visual Studio masih lebih nyaman untuk menulis WinForms daripada WPF, karena dengan WPF lebih banyak hal yang harus dilakukan.

Semoga dengan uraian diatas bisa membantu kalian lebih memahami WPF dan mengambil keputusan untuk membuat aplikasi dengan WinForm atau WPF.

Post a Comment

0 Comments