25 May 2015

SSRS: Penggunaan List dalam Report


Sekarang saatnya membahas tentang penggunaan List pada report SQL reporting. Yang mana sih? Yang ini niiih..... (lihat gambar toolbox dibawah)
List ini biasanya digunakan jika layout report tidak berbentuk tabel. Contohnya untuk membuat kartu nama, kartu peserta, dan sertifikat.

Contoh yang akan Rani gunakan adalah pembuatan report kartu peserta dengan bentuk datasource sebagai berikut. Untuk urusan gimana bikin report dan datasource nya, pastikan udah baca dulu tutorial SSRS disini yah
Layout kartu yang ingin kita buat kira2 sebagai berikut:
Di artikel ini kita buat report nya manual yah (tanpa menggunakan wizard). Kemudian pada report blank kita tambahkan sebuah listbox seperti gambar berikut:
Kemudian set property DataSetName ke dataset yang telah kita buat.
Atur layout seperti gambar di bawah, selain yang ditandai dengan warna merah berarti itu item Textbox yah.
Border pada list hanya mengelilingi list secara keseluruhan, karena itu Rani tambahin Line 2 untuk membuat kotak pada setiap 1 record nama.


Mari kita coba preview.

Nah report kita siyap deploy deh ^o^

P.S.
Klo ingin kartu nama nya satu record satu halaman, kita perlu menambahkan record. Tahapan per langkah sebagai berikut:
Klik tombol pada property Grouping.
 Grouping berdasarkan primary key dan tambahkan page break.
 Hasil Preview.


Click here if you like this article.


1 comments:

CumuNara said...

bu Rani bagai mana cara memanggil bartender 10.1 dari vb net, kayak kita memanggil laporan dengan crystal report gitu....