17 March 2015

HTML Paragraph


Artikel biasanya terdiri dari paragraf-paragraf. Dalam HTML paragraf dibentuk dengan tag <p>.
Contoh:
<p>Ini paragraf pertama.</p>
<p>Ini paragraf kedua.</p>

Jangan lupa untuk selalu menutup tag dengan end tag. Tanpa end tag walaupun pada banyak browser tampilan akan baik-baik saja, tapi tidak menjamin error tidak akan muncul. Contohnya pada dokumen XHTML tidak akan mengizinkan tag tanpa penutup.

Browser secara otomatis akan menambahkan jarak sebelum dan sesudah paragraf, meskipun kita dapat mengatur ulang jarak tersebut dengan style atau css.

Kita tidak dapat mengatur secara pasti bagaimana sebuah paragraf html akan ditampilkan. Bergantung pada ukuran layar monitor, perubahan ukuran browser windows pun dapat mengubah tampilan. Pada html kita tidak dapat mengatur posisi dengan hanya menambahkan banyak spasi atau membuat baris baru (dengan menekan enter).

Browser akan mengabaikan dua spasi atau lebih dan hanya menampilkan sebagai satu spasi. Sementara untuk baris baru saat penulisan code html dengen menekan enter akan benar-benar diabaikan dan paragraf berlanjut tanpa baris baru.

Contoh:
<html>
<body>
<p>Pada dokumen      html spasi
   lebih              dari satu
   tetap akan      hanya tampil
   sebagai satu spasi.
</p>
<p>Pada html juga, baris baru
   dengan menekan enter saat
   menulis code
   akan diabaikan
</p>
</body>
</html>


Akan tampil di browser sebagai berikut:


Baris baru pada html diperoleh dengan menambahkan elemen <br/> sementara spasi ekstra diperoleh dengan menambahkan karakter &nbsp;.

Click here if you like this article.


0 comments: