12 July 2014

VB6: Input Box


Input box digunakan untuk menampilkan dialogbox dengan textbox untuk diinputkan teks oleh user dengan 2 tombol Ok dan Cancel, serta menghasilkan nilai string yang diinputkan oleh user.


Sintaks:
VarData = InputBox (prompt[,title][,default][,XPos][,YPos] _
                    [,HelpFile][,Context])

VarData: adalah nilai variant yang biasanya dideklarasikan sebagai string, yang menerima pesan input user melalui input box.

Prompt: Wajib ada, merupakan nilai string yang akan ditampilkan sebagai pesan dalam dialog box. Panjang maksimum adalah  1024 karakter tergantung lebar karakter yang digunakan.

Title: Opsional, merupakan nilai string yang akan tampil di title bar, jika dikosongkan title bar akan menampilkan nama aplikasi.   

Default: Opsional, nilai string yang ditampilkan sebagai default pada inputbox textbox, dan akan dikembalikan sebagai hasil jika tidak ada nilai lain yang diinputkan. Jika diabaikan maka nilai default akan kosong.

xpos dan ypos: Keduanya opsional, merupakann nilai numerik yang menentukan posisi dialog box akan ditampilkan. Secara default input box akan ditampilkan ditengah layar.

Helpfile dan Context: Keduanya opsional dan dapat digunakan jika help file sudah disediakan untuk aplikasi. Jika salah satu dari argumen ini digunakan maka keduanya harus digunakan (digunakan bersamaan).


Pada inputbox jika user melakukan klik pada tombol OK atau menekan tombol Enter pada keyboard maka fungsi inputbox akan menghasilkan nilai yang diinput pada textbox inputbox. Jika user klik Cancel maka fungsi mengembalikan nilai string kosong.

Click here if you like this article.


0 comments: