MySQL: SQL Select

Kita dapat menampilkan data dari satu atau beberapa tabel dengan menggunakan pernyataan SELECT. Format SELECT secara umum adalah sebagai berikut:

SELECT list_select FROM namatabel;

Mari kita bahas satu per satu:

  • SELECT diketikan paling awal dalam query sebagai kata perintah untuk mengambil data.
  • Kemudian list_select merupakan nama kolom atau formula/ekspresi tertentu yang ingin ditampilkan.
  • FROM ditambah spasi dan diikuti nama tabel menentukan sumber data yang akan diambil
  • Terakhir titik koma (;) yang merupakan pemisah pernyataan/query. Jika kita mempunyai beberapa pernyataan yang ingin dijalankan bersamaan maka dapat dipisahkan dengan titik koma ini. Maka MySQL akan mengeksekusi masing2 query yang dipisah dengan titik koma.

SQL tidak case sensitive. SELECT sama saja dengan select, FROM sama saja dengan from. Tapi menurut pengalaman dalam beberapa kasus yang menggunakan server linux dan hosting tertentu bisa berpengaruh, jadi aman nya bisa menggunakan huruf kecil dalam semua query dan penamaan.

* Klo saya sih main window ya aman-aman aja ¯\_(ツ)_/¯

Selanjutnya untuk menjelaskan query SELECT ini saya akan menggunakan contoh tabel kategori yang ada di database latihan.


SELECT ALL dengan SELECT *

Jika kita ingin menampilkan data dari semua kolom yang ada di sebuah tabel selain menyebutkan satu-satu nama kolom bisa juga menggunalan tanda bintang (*).

SELECT * FROM kategori



Query di atas menampilkan semua kolom yang ada di tabel kategori. Kita biasa menyebut SELECT * dengan select bintang atau select all karena mengambil semua data kolom.

Saya biasanya menggunakan SELECT * hanya untuk mengecek data sekilas saja. Saya tidak menyarankan SELECT * digunakan untuk pemanggilan data dari aplikasi. Karena pemanggilan data sebaiknya sesuai keperluan saja agar tidak berat dan memperlambat kerja aplikasi. Selain itu error bisa terjadi ketika ada perubahan struktur tabel terutama mengenai urutan kolom.

Alasan untuk tidak menggunakan SELECT * diantaranya:

  • SELECT * mengambil semua kolom yang mungkin tidak anda perlukan. Ini membebani kerja sistem.
  • Jika kita menyebutkan secara spesifik kolom-kolom yang kita ingin tampilkan, maka query dan code yang kita buat akan lebih mudah dikelola (maintenance).
  • Menggunakan SELECT * beresiko menampilkan data yang mengandung informasi sensitif pada pengguna yang tidak seharusnya.

SELECT 1 kolom Saja

Kita dapat menampilkan satu kolom dengan mengetikan nama kolom tersebut diatara SELECT dan FROM, seperti pada contoh berikut:

SELECT namakategori FROM kategori



SELECT Beberapa Kolom

Kita dapat menampilkan pilihan beberapa kolom saja yang ditampilkan dengan cara menyebutkan nama kolom tersebut dan memisahkan dengan koma. Misalnya pada tabel kategori data lengkapnya sebagai berikut:

SELECT kodekategori, namakategori, createdby FROM kategori

Hasilnya:


Memberi Nama Alias

Kita juga bisa menggunakan sintaks AS untuk alias nama kolom. Penamaan alias ini berguna saat menggunakan function atau formula tertentu dalam SELECT juga bisa meringankan code untuk UI nantinya. coba 2 SQL dibawah dan perhatikan perbedaan di result:

SELECT kodekategori, namakategori FROM kategori



SELECT kodekategori AS kode, namakategori AS nama FROM kategori


Penamaan alias dapat juga menggunakan spasi dengan catatan harus berada diantara petik 1 terbalik (`) yaitu symbol pada keyboard Anda ada di sebelah kiri atas, dibawah tombol Esc diatas tombol Tab dan di sebelah kiri tombol 1. Tanda petik yang disebut juga dengan backtick ini selain untuk mengatasi penamaan dengan spasi juga untuk mengatasi jika ingin tampilan nama kolom mengandung karakter tertentu dan merupakan kata sintaks yang digunakan dalam query seperti misalnya `RETURN` yang tanpa backtick aja menghasilkan error.

• SELECT kodekategori AS `Kode Kategori`, namakategori AS `Nama Kategori` FROM kategori


Yang perlu diperhatikan dalam pengambilan data ini adalah efisiensi dan efektivitas. Load data tidak harus selalu diambil semua karena akan memberatkan, maka biasa nya ada sintaks yang dapat membantu membatasinya yaitu:


Kedua sintaks di atas akan dibahas pada artikel yang berbeda.

Sampai disini Rani harap temen-temen sudah dapat gambaran dasar tentang bagaimana menggunakan query SELECT pada MySQL.


Post a Comment

0 Comments